Proudly Lasallian
UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018

Cara Belajar yang Baik di Perguruan Tinggi

2015-08-20 15:08:16 - Posted by admin - Hits : 3525 Cara Belajar yang Baik di Perguruan Tinggi

Saat memasuki dan menjalani pendidikan di Perguruan Tinggi, mahasiswa biasanya akan mengalami masa-masa yang berbeda dengan masa-masa saat mereka belajar di SMA. Banyak hal-hal baru yang akan dijumpai yang membutuhkan pemahaman yang baik untuk melihat segala kebaikan yang ditawarkan sekaligus juga godaan-godaan yang dapat mengganggu bila tidak mampu dipertimbangkan dan diarahkan dengan bijak, dan perlunya semangat untuk lebih berinisiatif dalam mencari solusi.

Salah satu permasalahan yang dominan pada awal-awal perkuliahan adalah ketidaksiapan menghadapi proses pembelajaran di Perguruan Tinggi yang memang berbeda dengan proses pembelajaran yang ada di SMA. Sistem pembelajarannya menghantar mahasiswa untuk mengenal yang namanya Sistem Kredit. Sistem Kredit adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan sistem kredit semester (sks) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraan program.

Cara belajar dari mahasiswa akan sedikit berbeda dan membutuhkan proses adaptasi yang baik karena di perguruan tinggi kemandirian dan proses belajar yang interaktif dari mahasiswa lebih dibutuhkan untuk  mendukung kesuksesan proses pembelajaran. Proses belajar yang interaktif adalah mahasiswa dengan menyadari kemampuan dan kebutuhan belajarnya, berusaha untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya, baik secara individu maupun berkelompok, dengan bimbingan dosen dan civitas akademika, sehingga tujuan pembelajaran yang baik dapat tercapai.

Kesuksesan untuk memahami materi yang diajarkan oleh dosen dan kewajiban untuk mengembangkan kedewasaan keilmuan diperlukan agar cara belajar mahasiswa tertata dan terarah dengan baik.

Beberapa tips yang dapat dipertimbangkan untuk membantu Anda sebagai mahasiswa belajar dengan baik di perguruan tinggi:

  1. Menghargai bahwa cara belajar Anda saat ini sudah baik, namun secara kontinyu perlu dikembangkan agar menjadi lebih baik lagi. Sangat penting untuk mempelajari strategi-strategi baru dalam belajar.
  2. Selain mendengarkan kuliah dan membaca buku ajar/handout dari Dosen, perlu juga menambah dengan studi literatur di perpustakaan dan informasi online.
  3. Jangan malu untuk bertanya dan memohon bantuan bila Anda belum memahami atau tidak mengerti apa yang disampaikan.
  4. Sebaiknya mendengarkan dahulu apa yang dijelaskan, kemudian menulis garis-garis besarnya pada buku catatan. Selengkapnya dapat Anda tulis saat waktu luang dikampus atau dirumah. Pahami inti dari materi, selanjutnya akan lebih mudah.
  5. Jangan menyepelekan tugas yang diberikan. Buatlah dengan baik dan kumpulkan tepat waktu. Ada poin penilaian tersendiri dari dosen bagi yang rajin membuat tugas. Selain itu tugas merupakan latihan bagi Anda, membuat Anda lebih mudah memahami materi yang diberikan dan lebih siap dalam menghadapi Kuis, Ujian Tengah Semester, dan Ujian Akhir Semester.
  6. Teman adalah sahabat yang terbaik dalam belajar, namun janganlah setiap saat bergantung kepada teman Anda. Dengan penuh percaya diri, berusahalah untuk berkembang dengan lebih baik dan menunjukkan potensi-potensi yang ada.
  7. Pelajari dan pergunakan teknologi audio video yang ada untuk memudahkan dalam belajar.
  8. Universitas adalah rumah kedua dan tempat belajar bagi Anda dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Manfaatkanlah itu untuk menambah pengetahuan, serta meningkatkan hardskills dan softskills.
  9. Jadikan pengalaman-pengalaman terbaikmu di universitas sebagai motivasi untuk belajar dan meraih cita-cita masa depan.
  10. Jangan lupa bahwa membangun komunikasi sosial dengan orang lain juga penting. Kadang-kadang kita perlu berhenti sejenak dari rutinitas dan terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial dan kerohanian, untuk menambah wawasan, persahabatan, dan iman.

 

By : Lianly Rompis, S.T., M.I.T.S.

http://www.unikadelasalle.ac.id/161_profil_kaprodi_elektro.html




Related News :
Comment