AKREDITASI BAN PT
Batas Pengisian KRS diperpanjang sampai dengan 31 Januari 2019

Profil Fakultas Keperawatan

Fakultas Keperawatan

Profesi perawat telah berkembang pesat akhir-akhir ini seiring dengan kebutuhan atas tersedianya pelayanan kesehatan yang profesional dan bertanggung jawab. Kebutuhan nasional dan dunia (luar negeri) seperti USA, Canada, Australia, Inggris, dan negara-negara Eropa lainnya terus bertambah seiring dengan pergantian waktu.

Menyadari peningkatan kebutuhan akan sumber daya yang berpendidikan, berkualitas dan profesional dalam keperawatan di satu pihak, dan di pihak lain kurangnya institusi pendidikan dalam bidang ini, kami mempersiapkan anda menjadi tenaga profesional dalam ilmu keperawatan dan membuka kesempatan untuk membagikan kepedulian serta bela-rasa sebagai perawat orang sakit (pasien). Juga, sebagai tenaga pengajar dalam dunia keperawatan saat ini.

Visi & Misi Fakultas Keperawatan

VISI FAKULTAS KEPERAWATAN

Di landasi oleh spiritualitas Lasallian: Iman, Pelayanan dan Semangat kebersamaan untuk menjadi Fakultas Keperawatan yang unggul di tahun 2019, didukung oleh kerjasama lokal, nasional dan International untuk menghasilkan perawat profesional yang bertaraf International, pengambil keputusan klinik yang handal dan pemimpin yang melayani dalam memberikan keperawatan yang peka budaya untuk peningkatkan kesehatan masyarakat. 

MISI FAKULTAS KEPERAWATAN

  1. Menyelenggarakan  pendidikan keperawatan yang berkualitas melalui pengembangan profesional dan apostolik tenaga akademik dan non-akademik yang berkelanjutan untuk mewujudkan pendidikan integral yang terbaik.
  2. Menyelenggarakan  pendidikan keperawatan yang berkualitas dengan mengintegrasikan pedagogi Lasallian dalam seluruh prosess pembelajaran untuk membangun karakter perawat Lasalian. 
  3. Menyelenggarakan penelitian- penelitian yang konsisten terhadap kode etik penelitian untuk mendukung pengembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan dibidang keperawatan
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memberdayakan potensi masyarakat dibidang kesehatan.
  5. Menyelenggarakan manejemen mutu pendidikan sesuai dengan standard penjaminan mutu National dan International (Lasso).
  6. Membangun kerjasama lokal, nasional dan International untuk mengembangkan kualitas proses pembelajaran, penelitian dan mendukung perluasan kesempatan kerja bagi para lulusan.

Sedangkan tujuan Fakultas Keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado, yaitu:

  1. Meningkatkan kualitas manajemen fakultas untuk mendukung tujuan universitas dalam rangka mencapai Good University Governance (GUG);
  2. Membantu meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat dalam penataan lingkungan hidup berdasarkan standar kesehatan serta untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan mutakhir,  reflektif, memiliki kepedulian dan belas kasih, yang akan diperlihatkan berdasarkan kompetensi-kompetensi melalui tanggungjawab professional, proses interpersonal dan keputusan klinik para lulusan;
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menjalankan asuhan keperawatan berdasarkan pengetahuan mutakhir, bertanggungjawab dan menghargai orang lain;
  5. Menjalin hubungan dengan alumni sebagai pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka meningkatkan kualitas  pembelajaran dan untuk kebutuhan akses informasi dunia kerja.

PROFIL PERAWAT LASALLIAN

  • Kritis and kreatif dalam membuat keputusan klinik.
  • Selalu melihat pengalaman sebagai pembelajaran dalam meningkatakan kualitas asuhan keperawatan.
  • Peka terhadap budaya klien
  • Komunikator yang efektif
  • Pemimpin yang melayani.
  • Penjaga lingkungan hidup
  • Berjiwa wirausaha

KURIKULUM

Proses pendidkan di Fakultas Keperawatan Unika De La Salle Manado menggunakan Kurikulum Terintegrasi yang terdistribusi dalam dua tahap yang bersifat sekuensial, yaitu:

  • Tahap program akademik bertujuan untuk memberikan landasan konseptual, ketrampilan dan pembentukan sikap yang kokoh sebagai seorang perawat profesional yang sesuai dengan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) level 6. Pada tahap ini mahasiswa menyelesaikan 149 SKS dalam 8 semester.
  • Tahap program profesi (36 sks dalam 2 semester) bertujuan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan professional dalam menerapkan, mengembangkan , dan menyebarluaskan teknologi dan atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Pada tahap ini, proses pembelajaran adalah untuk mencapai KKNI level 7

STAF PENGAJAR

Staf pengajar adalah dosen berpengalaman serta praktisi keperawatan lulusan luar dan dalam negeri. 

TEKNIK PEMBELAJARAN

Perkuliahan dilangsungkan dalam ruang kelas, laboratorium keperawatan dan kebidanan dengan berorientasi pada pembelajaran melalui tutorial, diskusi, case study, seminar, dan praktek.

Praktek lapangan dilaksanakan di rumah sakit-rumah sakit di Jakarta, Bogor, Sulut, serta Panti Werdha dan Masyarakat.

Fakultas Keperawatan Unika De La Salle Manado telah menjalin kerjasama dengan pelbagai instansi kesehatan secara nasional maupun internasional. Saat ini Fakultas Keperawatan menjalin kerjasama dengan RS PGI Cikini Jakarta Pusat; RSU Universitas Kristen Indonesia; Badan Layanan Umum (BLU) RS DR. H. Marzoeki Mahdi Bogor; RS Sumber Waras Jakarta Barat; Graha Lansia Marfati Tangerang; De La Salle University, Dasmariñas, Cavite, Philippines; Humber College of Bussines, Canada; FIDESCO, France; Lewis University, Illinois, United States.

KEANGGOTAAN DALAM ORGANISASI PROFESI

Dosen Fakultas Keperawatan Unika De La Salle adalah anggota profesi baik nasional maupun Internasional yaitu:

  1. Sigma Theta Tau International (STTI) 
  2. Honor Society of Nursing: Phi Delta Chapter
  3. National  League for Nursing (NLN)
  4. International Council of Nurses (ICN)
  5. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI)

Print  
Tags :